nusakini.com - Jersey atau seragam, tak hanya sekedar digunakan oleh klub dalam sebuah pertandingan sepak bola. Jersey juga merupakan identitas bagi klub tersebut. Pasalnya di era modern ini, begitu banyak desain pada jersey yang memiliki makna dan sejarah bagi klub yang memakainya. Namun ada beberapa desain jersey milik klub Indonesia, yang serupa dengan jersey klub di Eropa. Bagi klub-klub di Indonesia, hal itu diharapkan dapat menularkan prestasi yang serupa dengan klub asal Eropa tersebut.

Berikut beberapa jersey klub Indonesia yang sekilas terlihat tidak jauh berbeda dengan jersey milik klub di Eropa.

  • Semen Padang dan Liverpool


Jersey yang dikenakan klub peserta Liga Indonesia, Semen Padang di musim 2015, memiliki kemiripan dengan seragam latihan klub Liverpool. Jersey dengan warna dasar merah, ditambah dengan motif berwarna hitam dibagian dada hingga lengan, sekilas keduanya akan terlihat serupa.

  • Arema Cronus dan Parma


Jelang musim 2015, Arema Cronus (Arema FC) sempat merilis jersey dengan motif persegi menyilang yang diberi warna kuning dan biru. Motif itu pun digunakan oleh klub asal Italia, AC Parma, untuk jersey tandang mereka di musim 2013.

  • Galatasaray dan Pusamania Borneo FC


Klub asal Turki, Galatasaray, resmi mengunakan jersey dengan motif garis tebal vertikal dengan warna merah marun dan jingga, sebagai jersey kandang mereka di musim 2014. Motif tersebut pun digunakan kembali oleh klub Pusamania Borneo FC di musim 2015.

  • Persebaya 1927 dan Celtic


Sekilas tak ada yang berbeda antara jersey milik klub asal Skotlandia, Celtic, dengan jersey yang digunakan oleh Persebaya 1927 di Liga Premier Indonesia musim 2011. Jersey dengan warna putih, ditambah motif garis horizontal berwarna hijau, membuat keduanya terlihat serupa.

  • Ajax Amsterdam dan PSM Makassar

PSM Makassar resmi menggunakan jersey dengan warna putih dibagian sisi dan warna merah dibagian tengah, sejak Piala Presiden 2015. Jersey dengan motif tersebut memang serupa dengan yang digunakan oleh Ajax Amsterdam di Liga Belanda.

  • Lazio dan Persib Bandung


Musim 2013, klub asal Italia, Lazio resmi menggunakan jersey dengan warna dominan biru navy (biru tua), serta warna biru muda pada bagian kerah dan motif garis tipis horizontal. Jersey serupa pun digunakan oleh Persib Bandung di musim 2015 sebagai jersey ketiga mereka. (fft/om)